Tuesday, July 14, 2009

hujan...

Aku selalu menyukai hujan. Mungkin menyukai perasaan sentimentil yang dibawanya, memberiku kesempatan untuk sedikit "merasa". Tapi aku benar-benar suka, melihat alam begitu teduh disiram air secara teratur. Aku suka angin dingin yang biasa menyertainya. Aku suka bau tanah basah, aliran air menuju segala arah, dan suara guruh yang meningkahinya.

Aku suka mengamati orang-orang menanggapi turunnya hujan; mereka yang berusaha melindungi diri maupun yang menerimanya, mereka yang berlari menghindari maupun yang menerobosnya. Aku suka melihat tanggapan alam atas curahan butiran-butirannya; melihat sungai yang bersemangat dan tanah becek yang muram, aspal yang pasrah dan daun yang tunduk atas karuniaNya.

Dan ternyata saat hujan merupakan saat yang mustajabah untuk berdo'a padaNya. Mungkin karena perasaan sentimentil yang mudah dirasakan saat hujan datang. Mungkin karena manusia yang berfikir akan merasa kecil atas sistem alam yang dibuatNya. Mungkin karena manusia jadi menyadari keberadaan makhluk dan benda lain disekitarnya pada saat hujan. Bunyi hujan menempa benda apapun menyampaikan keberadaan benda itu pada kita. Kita jadi meresapi keberadaan pohon, atap, mobil, motor, aspal, tanah yang tak rata, rumah, jendela, baju, manusia-manusia lain, makhluk-makhluk selain manusia, ataupun kekasih yang merapat dalam pelukan saat menerobos hujan.

Aku suka hujan, dan kenangan bersama hujan...

No comments: